Skip to content

Ganti pantat..biar plug-in

October 2, 2010

Ini kerjaan iseng plus coba coba saja, saya lakukan setelah nyari adapter yang infinitynya dapat ga nemu, mau di bawa ke jasa oprek juga terlalu mahal dari pada ngejugrug aja di Drybox saya coba rubah mountingnya  sendiri….Lensa Zoom Konica Hexanoon AR 35 – 70mm ini saya dapat dari tempat jual barang bekas di Kramat Jati, harganya lupa tapi di bawah 100rb…Resiko gagal sich sudah saya prediksi sekitar 75% ..he he he he.. terutama pasti Infinity..

Lensa Hexanon, dan Mounting EOS M42 ex Lensa FD buat gantinya serta alat alat buat bobok mounting …ha ha ha alatnya parah ya!!! kelas berat…pakai dari workshop di pabrik…

Seharusnya alat yang di gunakan cuma kikir, amplas saja, tapi karena saya tidak banyak memilki waktu luang dan dudukan monting yang harus di pangkas cukup tebal jadinya ya alat alat ini yang saya pakai, biar cepat…

1. pertama saya Bongkar Mounting asli Konica,ada 4 buah baut ukuran 2mm untuk menahan monting asli konica, lumayan susah dibuka karena baut di tanam dan di lem… walah tebalnya sekitar 7mm yang harus di pangkas dan setipis mingkin ngarep infinitynya dapat, ring Diafragma harus hilang dan mau gak mau bukaan di buat fix dibukaan paling besar di lensa ini yaitu f4, untuk f5.8, 8, 11, 16,22  permanen mati. sebelum di pangkas saya bongkar semua element optic sekalian di cuci..sedikit hati hati waktu harus membuka mekanical diafragma… bongkar bongkar saya lakukan di rumah besoknya baru di grinda di pabrik…

2. selesai mangkas dudukan monting yang baru, saya sedikit di repotkan dengan 4 lubang baut yang menjadi menutup rapat karena proses grinding….harap harap ndredeg supaya  ulirnya tidak rusak…karena kalau ulirnya rusak sudah pasti wassalam.. cem mana mau ngetap ulir ukuran 2mm gini ???…. setelah sedikit di amplas halus, dan saya blow dengan Hot Air sekitar 80 derajat plus di colok colok dengan jarum,lubang baut terbuka lagi dan coba bautnya ternyata ulirnya masih bisa dipakai… Thanks God…

3. Mounting Eos m42 eks FD yang mau di pakai sudah ada 3 lubang baut bekas lensa yang lama dan harus ngepas ngepasin posisinya untuk membuat 4 lubang baut baru…buat project awal gak rapi ndak apalah.. yang penting lihat hasilnya dulu, kalau bagus beli adapter baru buat lubang yang rapi… sementara biar nempel dulu saja… selesai lubang di mounting baru saya buat ketika mau di coba ternyata kepala baut masih sedikit nonjol.. wah repot nich bisa mentok di body kamera nanti kalau dipasang.

sesudah di pangkas dan siap di ganti mounting baru…

Dengan mounting EOS terlihat acak aduth…

Pas di coba pertama mau di pasangin ke body EOS 20D,   belum bisa masuk kepala baut sedikit mengganjal dan bekas bor membuat lubang juga menghalangi ulir di body kamera.. setelah beli mata bor yang ukuranya sama dengan kepala baut dan di retouch ulang akhirnya….bisa plug juga…..

test dan hasilnya…jaraj infinity terjauh untuk 70mm sekitar 5-10 meter saja…


No comments yet

Leave a Reply

