Skip to content

Industri Baverage/syrup di bulan Suci dan Hari-hari Raya…

August 16, 2010

Di bulan puasa biasanya kita mengkomsumsi minuman yang manis lebih banyak di banding hari hari biasa… syrup ataupun RTD menjadi pilihan yang cepat karena mudah dan cepat membuatnya tinggal gleg aja….hilang dech haus seharian dan energi yang hilang  cepat tergantikan…

ingat dulu waktu masih di SD belajar puasa penuh ketika buka buasa selalu minum syrup ABC squash Orange pakai es batu  wah rasnya segar banget…saat ini merk dan flevour syrup sudah banyak macam dan jenisnya, dari rasa yang tradisional seperti Orange, melon, cocopandan sampai yang plus susupun sudah ada di pasaran persaingan yang sangat ketat di Industri baverage membuat RnD pabrikan di tuntut untuk kreatif dalam Inovasi dan pengembangan produknya.

saking kreatifnya ada yang membuat flevour RTD teh rasa blackcurrent, guava..he he he kadang saya rada tergelitik   isine opo teh rasa blackurrent kui..padahal dengan menjual teh botol sosro tanpa embel embel flevour yang aneh dia tetap survive nyaris tanpa pesaing yang bisa menggoyahkan merk ini..

apapun flevournya syrup yang di glontorkan ke pasaran selama bulan puasa dan hari raya, biasanya akan terserap lebih banyak di banding di bulan bulan biasa, dan semua pabrikan biasanya akan menggenjot kapasitas mesin produksinya berlipat lipat menjelang peaks season ini…untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang meningkat. Ketika saya masih bekerja di industri ini, lima bulan sebelum lebaran biasanya pabrik akan menambah jam kerja shift yang biasnya 2 menjadi 3 dan terkadang lembur di hari sabtu dan minggu serta merekrut tenaga tenaga kontrak sementara untuk memenuhi kapasitas produksi….

hari minngu kemarin saya nemani my emak ke hypermart di cibubur junction untuk nyari pengganti rice cooker yang rusak di rumah, wah pas masuk deretan syrup di pajang di bagian depan dengan jumlah yang sangat banyak dari Syrup ABC squash dan special, Marjan,  syrup Indofood, tropicana slim dan  Best value Orange merk dagang hypermart..lihat harganya …dah kelamaan gak beli syrup mungkin ya  rada kaget juga… semua di bandrol diatas 10.000 rupiah kayaknya terakhir beli dah puluhan tahun lalu marjan waktu itu masih berkisar 7000an sekarang sudah Rp. 14.900 … ABC squash Rp10.090…ABC special Rp. 13.450 Marjan Milk 16.100  ..mahal mahal banget sekarang…

dibanding dulu sich, memang sekarang saya lebih sedikit  malah jarang mengkonsumsi syrup, saya lebih suka teh manis hangat, RTD juice dan minuman isotonic..sensasi kesegaran yang saya dapat dari syrup tidak sama lagi dengan jaman SD dulu entah karena banyak pilihan atau memang formulasi syrup saat ini beda dengan jaman dahulu…ini hanya pengalaman pribadi….wassalam…

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: