Skip to content

mereka bertahan dan hidup layak sesuai kemampuanya…

August 8, 2010

Sudah dua minggu bapak ini dan lima orang lainya mencangkul tanah kosong milik perusahaan saya di kawasan industri sentul untuk di tanami singkong, sebagai ujicoba bibit unggul pohon singkong yang di datangkan dari Probolinggo jawa timur…kalo saya atau pun saya harus mengerahkan operator untuk macul tanah seluas ini rasanya tidaklah mungkin hasil cangkulanya akan bisa di tanami bibit singkong ini secara sempurna…

ternyata di kawasan industri yang pabrik pabriknya semua menggunkan mesin mesin modern dan otomatis disekelilingnya masih banyak orang orang seperti Haji Oding yang masih mengandalkan otot sebagai sumber penghidupanya..

di sekitar sentul diluar kawasan industri kami memang masih banyak tanah kosong  yang sebagian besar sudah di kuasai oleh pengusaha pengusaha kaya yang belum di bangun peruntukanya, dari lahan inilah Haji Oding saat ini bertahan hidup dengan menggarapnya menjadi ladang dan sawah untuk bertahan hidup di tengah geliat indutri yang terus bergarak menggusur sawah dan ladang mereka.

toh meski begitu kehidupan mereka sebagai petani penggarap tidaklah nelongso, mereka masih bisa memberi kehidupan yang layak bagi keluarganya, memberi sedikit fasilitas kehidupan modern Hp misalnya…mereka akan terlihat bersahaja ketika kumandang azan Magrib tiba, baju koko, peci dan sarung datang ke masjid untuk sholat berjama’ah.. hidup mereka seperti  tanpa beban..

mereka datang mengingatkan kembali  ke masa kecil saya ketika saya masih hidup di dusun bersama kakak dan nenek saya, rutinitas hidup yang cukup sederhana tanpa embel embel beban hidup pelik, tanpa harus mikirin  tagihan kartu kridit yang selalu over limit he he he..yah di banding dengan mereka rasanya saya tidaklah ada apa apanya  bertahun tahun pindah kesa sini kerja di pabrik sampai saat ini masih sibuk aja dengan cicilan kridit panci kapan bisa naik Haji seperti Haji Oding??? … inilah nasib dan rizki …hanya Allah SWt yang bisa mengaturnya..

saatnya terima upah atas kerja keras mereka

One Comment leave one →
  1. yoga pranata permalink
    December 10, 2011 12:57

    Wajah wajah tulus itu selalu membuat saya merasa bangga sudah hidup di keluarga dan lingkungan petani… 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: