Skip to content

Boiler…

August 2, 2010

VIESSMANN VitoMax 200HS dengan kapasitas 1750 Kg steam per hour

Boiler secara sederhana bisa didefinisikan: sebuah perangkat alat untuk mengkonversi energi, dari energi panas menjadi energi tekanan dengan memanfaatkan perubahan wujud zat cair (fluida) menjadi uap, air yang dipakai sebagai input untuk dipanaskan adalah air yang sudah di treatment.

Hampir semua industri Food and Baverage menggunakan boiler sebagai pemanas apakah itu sebagai bagian sistem dan alur produksinya atau hanya di gunakan sebagai alat penghasil panas untuk di gunakan sebagai sarana sanitasi alat alat produksinya.

Ada juga boiler dengan kapasitas yang besar digunakan ssbagai penggerak turbin untuk menghasilkan energi listrik, atau di sebut power plant.

Sejak awal bekerja sampai saat ini, di dunia industri Food dan baverage saya selalu bersinggungan dengan alat ini sebagai sistem proses produksi, meski saya tidak memiliki SIo boiler sedikit banyak saya mampu dan tahu prinsip prinsip dasar operasional kerja alat ini…ada pengalaman yang sangat sulit saya lupakan ketika saya sempat menjadi Qc produksi yaitu ketika saya  mengabaikan output boiler yang di butuhkan untuk pasturisasi produksi sekitar 7 bar tapi saya abaikan di bawah 5 bar…bisa di tebak produk yang di hasilkan menjadi outspec dan harus di musnahkan .. dan saya juga di isolasi mengerjakan pekerjaan yang bukan Job saya…

Bahan bakar boiler yang umum di gunakan adalah bahan bakar dari minyak/residu, batu bara , dan gas. Secara ekonomi penggunaan bahan bakar boiler biasanya tergantung kebutuhan dan kemampuan perusahaan, jenis bahan bakar apa yang akan di gunakan .. menggunakan minyak/ketersediaanya cukup banyak akan tetapi harga yang cukup tinggi biasanya menjadi pertimbangan tersendiri bagi pengguna Boiler-boiler berkapasitas besar, sedangkan untuk bahan bakar Gas meski harganya jauh lebih murah, kendala infrasetruktur PGN sebagai regulator penyedia gas alam belum menjangkau semua kawasan kawasan industri di Indonesia.

Pengguna boiler dengan kapasitas besar dan Power Plant biasanya menggunakan Batubara sebagai sumber bahan bakarnya karena harganya yang paling murah dan bisa menentukan kalori yang dibutuhkan, akan tetapi bahn bakar ini efek kelingkungan sangat besar karena flyash, dan bottom ash sisa pembakaran batu bara dapat mencemari udara di sekitar tempat boiler itu berada.

Kebetulan saya pernah menggunakan ketiga bahan bakar tersebut, untuk boiler minyak atau gas bila ingin mengganti bahan bakarnya cukup mengganti Head burnernya saja. Untuk boiler dengan bahan bakar batu bara system tungkunya berbeda dengan boiler minyak/gas maka boiler ini tidak bisa di rubah seketika mengunakan bahan bakar minyak atau gas.

No comments yet

Leave a Reply

