Skip to content

Review Industri Baverage

January 10, 2010

Sejak awal bekerja hingga saat ini, Industri Baverage atau minuman adalah tempat saya mengabdi dan mencari nafkah. Pertama bekerja, saya bekerja di perusahaan yang menghasilkan syrup dan minuman kaleng/softdrink, lalu di industri sweetener produk yang di pakai banyak perusahaan baverage sebagai bahan bakunya..akhirnya saat ini saya kembali ke industri baverage.

Industri baverage ini banyak kategorinya, Jenis Syrup, minuman Isotonic, Serat, minuman sari buah siap minum, minuman berkarbonasi, susu siap minum, teh siap minum, air mineral dalam kemasan,serbuk, minuman ber-energi.

Di Indonesia untuk jenis syrup ada tiga merk besar yang sudah lama menguasai pasar industi baverage untuk kategori Syrup yaitu, ABC Syrup, Marjan, dan Indofood dengan variannya masing masing.

Semenjak tahun 80an  syrup ABC sudah menguasai pasar industri baverage jenis syrup, yang saya ingat adalah jika bulan Ramadhan kalau mau berbuka puasa biasanya emak saya selalu menyediakan syrup ABC squash Orange plus es batu…sekarang selain jenis squash juga ada jenis Lite..

Sedangkan Untuk Brand Marjan Boudoin yang dulu di produksi Oleh PT. SUBA INDAH yang sekarang berubah nama menjadi Pt. Lasallefood, adalah syrup untuk kalangan menengah karena harganya yang lebih mahal dibanding dengan merk lain yang sejenis, Marjan sendiri sekarang juga ada jenis Milk syrup, dan Squash.

Untuk brand syrup Indofood kehadiran merk ini dibanding dengan  dua nama diatas lebih belakangan tetapi karena menyandang kebesaran Nama Indofood perusahaan papan atas di Indonesia maka syrup yang satu ini juga mampu menyodok ke papan atas industri baverage untuk kategori syrup.

Biasanya permintaan syrup akan meningkat menjelang hari hari besar atau hari raya, Lebaran natal dan tahun baru dan mesin pabrik industri kategori ini akan di genjot 3 bulan sebelum sampai menjelang hari raya tiba, tanpa diferensiasi produk banyak industri ini yang tidak kuat bersaing karena peak seasonnya hanya 2-3 kali dalam setahun.

Untuk kategori minuman Isotonic Pocari sweat adalah pelopor minuman jenis ini di tanah air, dipasarkan disini  semenjak tahun 1989 di bawah bendera PT Amerta Indah Otsuka, Pocari Sweat mengalami pertumbuhan yang sangat besar sampai saat ini. Pertumbuhan Pocari di Indonesia banyak di bantu sewaktu ada wabah demam berdarah, yang pada waktu itu banyak dokter menganjurkan untuk minum Pocari untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang, selain itu penetrasi market yang kuat, deferensiasi kemasan turut menjaga daya saing dengan produk sejenis yang lebih murah.

PT. Tirta Investama (Group Danone) memperkenanalkan Mizone minuman isotonic sekitar 4 tahun yang lalu meski pada awalnya pernah di goyang dengan isyu minuman berpengawet akan tetapi dengan informasi yang benar saat ini Mizone berada di posisi dua minuman kategori isotonic. Bila kita melihat iklan Mizone saat ini sasaran market yang mereka tuju adalah kalangan pekerja muda, mahasiswa, pelajar. keseimbangan body, mind dan soul konsumen mungkin yang mereka tuju.

Pt. Djojonegoro dengan Vitazone serta You C1000 varian isotonic berada di angka ke tiga meski di beberapa tempat ada yang lebih menyukai Vitazone di banding mizone tetapi secara keseluruhan Mizone lebih unggul dibanding dengan Vitazone.

Untuk harga di pasaran  Pocari Sweat meski harga yang di tawarkan lebih mahal di banding dengan dua merk diatas tetapi karena benefit yang di tawarkan lebih jelas maka Pocari tetaplah minuman isotonic yang banyak di cari orang. sedangkan merk merk lain yang ikut bermain di kategori ini adalah Gatorade (Pepsi Cola), Powrade (Coca Cola), Fatigon Hydro (Kalbe Farma)..selain itu masih ada merk merk di pasaran yang juga berkategori isotonic yang di buat oleh industri industri kecil.

Untuk kategori minuman Karbonasi Coca Cola adalah merk dunia yang sulit di tandingi di sini, hanya Pepsi cola yang selama ini menjadi lawan tanding yang kuat di segment ini, sedangkan minuman karbonasi lokal dengan teste di luar Cola juga tidak mampu membendung kedigdayaan Coca cola .

Di segment minuman Energi Red Bull atau kalau disini Kratingdaeng bersaing ketat dengan Extra Joss, yang membedakan adalah Kratingdaeng RTD sedangkan Extra Joss berbentuk serbuk yang harus di sedu dengan air dahulu, akan tetapi karena harga yang begitu murah satu sachet cuma seribu rupiah dan promosi yang begitu kuat maka dominasi extra joss atas merk merk lain begitu kuat. M150, Lipovitan, Hemaviton adalah merk minuman energi yang merebutkan ceruk pasar di segment ini.

Untuk Kategori minuman Mineral dominasi AQUA sejak dahulu tak tertandingi, meski banyak merk merk baru di bawah bendera Perusahan perusahan besar ataupun sekelas UKM yang menjamur. Aqua dibawah DANONE tetap kokoh menguasai pasar minuman mineral di tanah air.Image pertama minuman mineral adalah Aqua adalah kekuatan tersendiri yang membuat Aqua terus menguasai segment ini…orang beli minuman mineral merk apa aja biasanya nyebut beli Aqua bukan beli air mineral mas..

Teh botol Sosro….apapun makannya minumnya Teh botol Sosro itu adalah sebagian dari iklan teh botol Sosro.. merk minuman Teh RTD yang angka penjualanya setiap tahun tak pernah menurun…Perusahaan kelas dunia, Coca Cola, Pepsi Cola yang berusaha mencari peruntunganya di segment Teh RTD ini saja tidak mampu mengempur kekuatan brend teh botol Sosro.

Persaingan Industri Baverage memang sangat ketat dan berdarah darah sudah banyak yang berguguran di tengah jalan karena kuatnya kompetisi, tetapi pemain baru juga silih berganti datang untuk mencoba peruntunganya di industri ini…semakin banyak usaha yang dibuka untuk menghasilkan produk minuman jenis apa saja berarti lapangan kerja terbuka karena dari industri ini lumayan banyak menyerap tenaga kerja.

About these ads
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: